Home

Kamis, 06 Februari 2014

Kemudahan Transaksi Perbankan


Faktor terpenting dalam memilih bank adalah kemudahan transaksi. Di era informasi saat ini semua informasi datang dan pergi dengan sangat cepat. Transaksi perbankan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Pelanggan anda bisa saja melakukan transaksi keuangan pada saat sedang berbicara di telepon dengan anda. Dan anda tentunya harus dapat mengimbangi yaitu bisa memeriksa mutasi rekening saat itu juga untuk memberi konfirmasi bahwa dana yang dikirim telah diterima. Bank yang layak digunakan adalah bank yang memiliki produk yang dapat memberikan kemudahan tersebut.

Transaksi Non-Finansial

Transaksi non-finansial dapat berupa pemeriksaan saldo dan mutasi rekening. Berikut ini adalah Layanan Perbankan dan Produk Perbankan yang dapat memberi kemudahan memeriksa informasi saldo rekening perusahaan dimana saja dan kapan saja:

·      Internet Banking
·      Phone Banking
·      Mobile Banking
·      SMS Banking

Transaksi Finansial

Walaupun transaksi finansial sangat sensitive karena berurusan dengan uang yang keluar dari kas perusahaan. Pihak bank tetap harus menyediakan Solusi Perbankan yang dapat mempermudah transaksi finansial seperti transfer atau pembayaran menjadi lebih mudah.

Kemudahan Transaksi finansial perusahaan biasanya dapat dilakukan melalui produk berikut :

·      Internet Banking
·      Phone Banking

Tentunya semua transaksi finansial yang berkaitan dengan pengeluaran dana dari rekening perusahaan harus mendapatkan persetujuan lagi (konfirmasi) atau setidaknya telah mengikuti SOP perusahaan tanpa mengurangi kemudahan.


Letak dan Jumlah Jaringan

Tidak seperti masa – masa yang lalu pada era 1990an dimana sangat dibutuhkan kehadiran fisik bank. Sekarang hampir semua transaksi perbankan sekarang bisa dilakukan secara online seperti internet, mobile phone dan telepon. Namun kehadiran fisik outlet dan jaringan bank tetap dibutuhkan karena ada beberapa Layanan Perbankan yang membutuhkan kehadiran fisik nasabah di outlet bank pilihan Anda seperti untuk pencairan cek dan penerbitan surat – surat. Maka itu dibutuhkan tidak hanya jumlah jaringan saja tetapi letak outlet dan jaringan bank juga harus diperhitungkan. Dengan jumlah outlet dan jaringan bank yang luas akan menghadirkan kemudahan untuk bertransaksi

Tips:

·      Bank tidak akan membuat transaksi menjadi mudah tetapi membuat transaksi menjai lebih mudah tanpa mengurangi faktor keamanan

·      Pastikan sistem transaksi finansial Produk Perbankan dan Layanan Perbankan yang digunakan sejalan dengan SOP perusahaan. Contoh, di perusahaan A untuk melakukan transfer dana yang dilakukan oleh staf harus dikonfirmasikan oleh atasannya, maka pilihlah bank yang mendukung SOP perusahaan.

·      Sebaiknya memilih bank yang hadir di sental bisnis dekat anda dan memilki jaringan yang luas sehingga terjangkau oleh pelanggan dan anda. Hal ini dapat meningkatkan kemudahan bertransaksi

Produk Perbankan

Di topic ini saya akan membahas produk bank yang mungkin salah satu produk tersebut dapat membantu mempermudah perbankan antara perusahaan dan pelanggan anda.

Produk bank selalu mengalami perubahan tergantung dengan kebutuhan nasabah baik bisnis maupun perorangan. Produk perbankan diluncurkan dengan variasi yang beragam bahkan memiliki target pasar.

Di era-90an, produk perbankan hanya berupa produk konvensional seperti rekening giro, tabungan dan deposito. Saat ini produk  - produk sangat variatif dan dapat menawarkan solusi perbankan untuk kemudahan bisnis pelaku bisnis.

Berikut ini produk dan solusi perbankan yang dapat digunakan oleh bisnis atau perusahaan:

1.     Funding – Transaksi penyimpanan dana. Produk Perbankan terkait Funding adalah :

·      Tabungan
·      Deposito berjangka (panjang dan pendek)
·      Rekening Giro
·      On call Deposito – Jangka waktu deposito kurang dari 1 bulan

2.     Investasi – Biasanya bank menjual produk investasi pihak ketiga (manajemen investasi

·      Instrument hutang seperti Surat berharga, sertifikat deposito, surat terima bank, surat hutang pemerintah, obligasi
·      Saham atau ekuitas
3.     Bancassurance  - biasanya perusahaan mengikutsertakan karyawannya dengan program perbankan ini sebagai program Rencana Masa Depan karyawan untuk mencapai Kebebasan Finansial di masa pensiun. Biasanya produk bank ini merupakan perpaduan investasi dan manfaat proteksi (asuransi)

·      Asuransi kecelakaan, asuransi jia
·      Unit link
·      Perencanaan Pendidikan
·      Produk Bundling, menabung dapat asuransi

4.     Kredit / Lending – Produk yang satu ini bervariatif, dapat digunakan untuk kepentingan rencana masa depan perusahaan maupun karyawan

·      Kredit rekening Koran
·      Kredit Angsuran
·      Kredit Tanpa Anggunan (KTA)
·      Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)
·      Kredit Kepemilikan Mobil (KPM)
·      Kredit Kepemilikan Tanah (KPT)
·      Kredit Export
·      LC Import
·      Trust Receipt (TR)
·      Kartu Kredit
·      DLL

5.     Bank Garansi atau Jaminan Bank – Solusi untuk tender atau projek

·      Tender Bond
·      Advance Payment Bond
·      Payment Bond
·      Performance Bond
·      Pita Cukai

6.     Trade Finance – Solusi perbankan terkait perdagangan antar negara.

·      Letter of Credit Opening
·      Letter of Credit Negotiation
·      Letter of Credit Confirmation
·      Back to Back Letter of Credit
·      Forfaiting
·      Banker Acceptance
·      DLL

7.     Valas – Solusi untuk jual / beli uang asing

8.     Treasury

·      Transaksi Cash Multi Currently FX
·      Hedging / Derivative
·      Bond
·      Dual Currency Deposit
·      DLL

9.     Produk Lainnya

·      Pembayaran tagihan listrik, telepon, handphone, kartu kredit, pajak
·      Penyewaan safe deposit box
·      Pembayaran
·      Payroll
·      DLL

Tips Produk Perbankan

·      Pastikan layanan Perbankan yang dibutuhkan perusahaan Anda tersedia di bank yang ingin gunakan.

·      Pilihlah solusi dan produk perbankan sesuai dengan kebutuhan usaha anda

·      Pilihlah bank seperti Bank Central Asia yang menyediakan produk perbankan dari hulu sampai hilir didukung dengan perbankan yang handal sehingga meningkatkan kemudahan melakukan transaksi bisnis anda.

Layanan Perbankan

Supaya kemudahan dapat tercapai, produk bank harus didukung dengan layanan perbankan. Dengan layanan yang handal dan terpercaya, transaksi akan lebih mudah dilakukan.

Beberapa layanan perbankan yang patut diperhatikan ketika memilih bank untuk usaha anda adalah :

·      Jumlah outlet atau kantor cabang dan lokasinya – Pastikan bank pilihan anda memiliki outlet yang tersebat di pusat – pusat bisnis sehingga Anda dengan mudah mengakses layanan perbankan

·      Phone banking dan Call Center – Pastikan ada layanan 24 jam phone banking untuk mempermudah transaksi perbankan.

·      Mobile banking dan SMS banking – Layanan perbankan satu ini biasanya digunakan oleh perusahaan perorangan untuk memeriksa transaksi perbankan.

·      Internet banking  - Intenet banking adalah solusi perbankan yang harus dimanfaatkan. Perhatikan juga kemudahan penggunaan internet banking, kehandalan, dan keamanan

·      Jumlah Mesin ATM – Hal ini dapat mempermudah pelanggan untuk melakukan transaksi pembayaran ke rekening perusahaan anda.

·      Safe Deposit Box – Tidak semua cabang bank memiliki fasilitas layanan safe deposit box yang digunakan untuk menyimpan dokumen. Sebaiknya menggunakan bank yang terdekat dengan lokasi usaha anda untuk menyimpan dokumen – dokumen penting sehingga kapanpun anda membutuhkan bisa dengan cepat dan mudah mengakses safe deposite box

·      Weekend Banking – Tidak ada salahnya bank yang anda pilih memiliki layanan weekend banking.

Tentunya kenyamanan terhadap layanan perbankan juga harus diperhatikan seperti CSO-nya yang sopan, phone banking yang ramah dan SOP bank yang memudahkan nasabahnya dalam hal transaksi.

Solusi Perbankan

Perkembangan produk perbankan sangat ditentukan oleh kebutuhan nasabah baik perorangan maupun bisnis. Dibutuhkan bank yang jeli dalam melihat kebutuhan tersebut dan menghadirkan solusi – solusi yang dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan dan nasabahnya.

Beberapa contoh solusi perbankan yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dan memberi kemudahan bagi perusahaan untuk menjalankan bisnis dan usahanya

1.    Solusi Perbankan Terkait Pembiayaan

Kalau dulu solusi perbankan hanya berupa pinjaman saja. Pinjaman ini dapat digunakan oleh perusahaan untuk banyak keperluan. Namun, sekarang dengan kebutuhan yang meningkat maka hadirlah solusi perbankan terkait pembiayaan yang lebih spesifik.

Berikut ini adalah solusi perbankan untuk pembiayaan perusahaan :

·      Kredit Modal Kerja – Kredit Perbankan untuk pembiayaan inventori atau persediaan
·      Kredit investasi – Solusi perbankan untuk mendukung perluasan usaha seperti :
o   Pembelian ruko / ruang kantor
o   Pembelian / pembangunan gudang / pabrik
o   Pengadaan mesin / armada angkutan

Dengan adanya solusi pembiayaan oleh bank, pengembangan usaha menjadi lebih mudah dan tidak terbentur dana.

2.    Solusi Perbankan Terkait Valas

Sekarang bisnis sudah tidak mengenal batas, tidak ada batasan geografi dan negara bagi pelaku bisnis. Bank juga tidak ketinggalan dan menawarkan solusi perbankan untuk mempermudah transaksi antar mata uang (valas).

3.    Solusi Perbankan Terkait Internet

Dahulu namanya intenet hanya dapat dinikmati oleh sebagaian kecil kalangan. Namun dengan semakin murah dan semakin mudah akses internet diperoleh bahkan di handphone pun kita bisa mengakses internet maka bank mengeluarkan solusi perbankan internet banking. Contoh situs internet banking Bank BCA adalah klikbca.com

Masih banyak solusi – solusi perbankan yang mempermudah transaksi yang tidak bisa disebutkan. Tentunya produk perbankan akan bertambah seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan nasabah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar