Home

Jumat, 07 Februari 2014

Trade Finance


Trade Finance merupakan produk perbankan yang sangat diandalkan oleh bank karena transaksi ini memberikan pendapatan jasa yang menarik buat bank (fee base income)

Trade Finance merupakan aktivitas perdagangan satu negara dengan negara lain seperti ekspor dan import

Produk Perbankan Terkait Trade Finance

1.    Negosiasi Wesel Ekspor

Negosiasi Wesel Ekspor (NEW) adalah jaminan pembayaran yang diberikan oleh Bank pembuka L/C kepada eksportir atas penyerahan dokumen ekspor. Bank akan menalangi (memberikan) dana ke nasabah sebesar nilai yang tercantum pada dokumen dikurangi biaya – biaya. Kemudian negotiating bank mengirim dokumen ke opening bank untuk menagih dan penggantian pembayatan (reimbursment)

2.    Diskonto Wesel Ekspor

Diskonto Wesel Ekspor (DWE) adalah sarana pendanaan atas Usance L/C (UL/C) yang diterima eksportir. Persyaratan yang utama adalah UL/C tersebut sudah diakseptasi oleh bank pembuka L/C (Opening Bank / Issuing Bank)

Akseptasi adalah kesanggupan bank pembuka UL/C untuk membayar senilai sesuai pada dokumen pada saat jatuh tempo.


3.    Forfaiting

Forfaiting adalah jenis pembiayaan ekspor barang dan jasa yang diberikan oleh sebuah lembaga pendanaan (forfeiter). Sama dengan Diskonto Wesel Ekspor (DWE) yang membutuhkan persyaratan utama yaitu UL/C yang telah mendapat akseptasi dari bank pembuka L/C (Opening Bank/Issuing Bank)

4.    Outgoing Documentary Collection

Outgoing Documentary Collection adalah layanan perbankan untuk penagihan terhadap importer melalui bank importir

5.    L/C Opening

Bank bertindak sebagai bank penerbit Letter of Credit atau Issuing bank. Produk perbankan ini digunakan oleh pihak importir

6.    L/C Confirmation
Bank melakukan konfirmasi atas permintaan issuing bank dan menjamin sepenuhnya pembayaran. Produk perbankan ini digunakan oleh pihak eksportir.

7.    Bankers Acceptance (Akseptasi Usance L/C)

Bank Acceptance adalah produk perbankan yang menjanjikan pembayaran UL/C ketika jatuh tempo

8.    L/C Negotiation

L/C Negotiation adalah layanan perbankan dimana bank bertindak meneruskan dokumen kepada issuing bank untuk mendapatkan pembayaran.

9.    L/C Advising

Pelayanan penerusan L/C dari luar negeri kepada eksportir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar